Friday, October 10, 2008

Saham Dua Raksasa Otomotif AS Jatuh

Metrotvnews.com, New York: Pasar otomotif Amerika Serikat mulai terkena imbas krisis ekonomi global. Saham dua raksasa otomotif, seperti General Motor dan Ford Motor, anjlok pada sesi perdagangan di New York, Kamis (9/10).

Saham mereka melorot setelah Standard and Poor`s Rating Service atau Lembaga Rating AS memutuskan bakal mempertimbangkan kembali nilai rating kedua perusahaan itu. Hal ini guna mengantisipasi kemungkinan turunnya harga saham.

Adapun saham General Motor turun US$ 2,26 atau 33 persen di posisi US$ 4,65. Hingga akhirnya saham tersebut rada naik di posisi US$ 4,76.

Penurunan ini turut menyumbang kejatuhan saham industri mobil di Dow Jones. Rata-rata penurunannya lebih dari 600 poin. Ini merupakan level terendah dalam lima tahun belakangan.

Kamis kemarin juga merupakan keenam harinya kejatuhan General Motor. September silam saham mereka juga sempat turun 50 persen dari penutupan di posisi US$ 9,45.

Analisa Lembaga Riset Harga Sekuritas Universitas Chicago menyatakan Kamis kemarin adalah titik terendah dari harga saham industri automotif Detroit. Terakhir kejatuhan terparah terjadi pada 1950.(**)

No comments: