Friday, October 10, 2008

Rupiah Melemah Warga Ramai-Ramai Jual Emas

BANDUNG--MI: Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika selama beberapa hari ini dimanfaatkan oleh warga Kota Bandung dengan menyerbu toko emas untuk menjual perhiasan emasnya.

Dalam sehari, ada sekitar 20 hingg 25 orang yang menjual emas, kata salah satu pemilik toko emas di kawasan Jalan Kosambi Bandung, Buana Tanu Jaya, Jumat (10/10).

"Kalau sekarang kecenderunganya lebih banyak yang jual emas daripada yang beli," katanya.

Menurut Buana Tanu Jaya, alasan orang lebih banyak yang menjual emas daripada membeli disebabkan posisi nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar serta krisis keuangan di Amerika Serikat .

Harga emas pun saat ini mengalami kenaikan sekitar tujuh hingga 10%. Harga emas di pasaran saat ini sekitar Rp220 ribu per gram.

Ia mengatakan, jumlah warga yang menginvestasikan uangnya dalam bentuk emas logam mulia batangan, juga mengalami peningkatan. Biasanya dalam sehari ada orang yang berminat membeli emas logam mulia jumlahnya hanya satu atau dua orang, namun dalam sepekan ini, jumlahnya
meningkat menjadi di atas lima orang per harinya.

Salah seorang pengunjung yang hendak menjual emas, Yati, mengatakan, alasan dirinya menjual kalung emasnya saat ini karena ia bisa mendapat keuntungan lebih dari penjualan emas tersebut. Saat ia membeli perhiasan itu, harag emas saat itu Rp185 ribu per gram. Akan tetapi, saat ia menjual, harganya bertambah menjadi Rp215 ribu. (Ant/OL-01)

No comments: