Thursday, April 30, 2009

BCA Syariah akan segera dibuka

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan sambutan saat pembukaan Festival Ekonomi Syariah di Balai Sidang Jakarta, Rabu (4/2). Pameran perbankan ini diikuti 14 bank umum syariah atau unit usaha syariah, empat BPR syariah dan beberapa lembaga keuangan non syariah berlangsung hingga Minggu (8/2) mendatang.
Rabu, 29 April 2009 | 19:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Direktur Bank BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, BCA Syariah yang merupakan anak usaha Bank BCA di bisnis perbankan syariah akan beroperasi pada September 2009. "Yang pasti 2009, sekitar September, kalau molor sekitar dua bulanlah," katanya, Rabu (29/4).

Ia mengatakan, BCA syariah tersebut nantinya beraset sekitar Rp 700 miliar. Jahja menambahkan pihaknya akan menambah modal bank tersebut sesuai kebutuhan.

Langkah BCA membentuk bank syariah dilakukan setelah mengakuisisi salah satu bank yang kemudian diubah menjadi syariah. Strategi ini mengikuti strategi yang dilakukan BRI yang mengakuisisi Bank Jasa Artha yang kemudian diubah menjadi bank syariah.

Langkah ini mungkin dirasa lebih murah sebab untuk mendirikan bank menurut BI setidaknya harus bermodalkan Rp 2 triliun untuk bank umum. Sementara untuk pendirian bank syariah melalui pemisahan (spin off) bisa hanya bermodalkan Rp 500 miliar.

No comments: